6 Trik Rahasia Menyelesaikan Psikotes Menggambar Orang Kerja

Psikotes menggambar orang kerja tidak memerlukan keahlian khusus dalam menggambar. Anda diperintahkan mengerjakan psikotes menggambar orang beraktivitas sehari-hari. Gambarlah tentang diri sendiri apa adanya, yang penting panitia tes dapat membaca gambar yang anda buat.

Tujuan psikotes menggambar orang digunakan untuk mengetahui sejauh mana rasa tanggung jawab, rasa percaya diri, dan ketahanan anda dalam suatu pekerjaan.

Sistim penilaiannya tidak berdasarkan bagus atau tidaknya gambar yang dihasilkan. Tetapi berdasarkan penilaian tiga ukuran utama yaitu proporsi anggota tubuh, kelengkapan anggota tubuh, dan tingkat detail gambar.

Gambar yang proporsional maksudnya seimbang perbandingan ukuran satu anggota tubuh dengan anggota tubuh yang lain.

Nah, bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara menggambar orang kerja pada psikotes yang baik dan benar, simak beberapa tips berikut ini.

Tips mengerjakan psikotes menggambar orang kerja

Pada lembar soal anda diminta untuk menggambar seseorang dengan mendeskripsikan berapa usianya, jenis kelamin, aktivitas orang tersebut. Waktu yang diberikan untuk menyelesaikan psikotes gambar orang ini hanya sepuluh menit saja.

Oleh karena itu sebelum mengikuti tes ini sebaiknya anda terlebih dahulu berlatih menggambar supaya menghasilkan gambar orang yang utuh/lengkap. Berikut ini beberapa ide gambar yang bisa anda coba nantinya.
Psikotes Menggambar Orang Kerja
Contoh Psikotes Menggambar Orang Kerja

Psikotes Menggambar Orang Kerja Montir

Psikotes Menggambar Orang Kerja  Polantas

Psikotes Menggambar Orang Kerja Proyek

 

Berikut ini cara mengerjakan psikotes menggambar orang yang bisa anda pelajari sebagai persiapan awal.

  1. Gambar sesuai dengan jenis kelamin
    Jika anda laki-laki maka gambarlah objek laki-laki, dan jika anda perempuan maka gambarlah objek perempuan. Posisikan gambar agar tepat berada di tengah-tengah kertas agar hasilnya simetris.
  2. Gambar anggota tubuh dengan lengkap
    Upayakan gambar harus berbentuk manusia dengan lengkap dari ujung rambut sampai ujung kaki. Perlihatkan bagian-bagian tubuhnya dengan lengkap dan jelas bentuknya seperti mata, alis, hidung, telinga, mulut, tangan, hingga jari.
  3. Gambar menurut profesi yang anda lamar
    Gambarlah orang yang sedang beraktivitas menurut profesi atau jenis pekerjaan yang sedang anda lamar, lengkap dengan seragam dan asesorinya. Jangan lupa ekspresi wajah tersenyum saat bekerja.
  4. Gaya posisi objek gambar
    Pilihlah posisi objek gambar yang menurut anda mudah digambarkan seperti dalam posisi duduk, berdiri, jongkok, hadap kiri, dan sebagainya.
  5. Tekanan garis pada gambar
    Khususnya pada gambar wajah jangan sekali-kali memberikan tekanan yang berlebih, sebab ini akan menunjukkan anda orang yang tidak percaya diri.
  6. Ukuran gambar
    Buatlah ukuran gambar yang tidak terlalu besar supaya anda tidak dianggap terlalu dominan, dan gambarkan juga bentuk tangan terbuka dengan memperhatikan detail jari tangan.
Ingat ya, jika anda lulus psikotes nanti pada saat wawancara gambar yang anda buat tersebut akan dibawa oleh panitia dan ditanyakan kepada anda. Mereka akan bertanya mengapa anda menggambar orang seperti ini, dan akan diminta untuk mendiskripsikannya secara detail.

Untuk itu, jangan sekali-kali anda menggambar seperti gambar di bawah ini


Gambarlah orang yang benar-benar nyata, bukan tokoh kartun (anime) yang menyerupai orang.

Demikianlah trik rahasia menyelesaikan psikotes menggambar orang kerja semoga dapat menambah pengetahuan anda sebelum mengikuti psikotes.

Mau soal psikotes TERLENGKAP? Dapatkan disini: ebook soal psikotes 2020

BAGIKAN TIPS SOAL PSIKOTES INI KARENA GRATIS. Beritahu keluarga, tetangga, dan sahabat kamu yang lainnya mungkin mereka sedang membutuhkan informasi ini.

Baca Juga Soal Psikotes Lainnya: