3 Contoh Soal Psikotes Deret Gambar dan Jawabannya

Contoh Soal Psikotes Deret Gambar dan Jawabannya - Kebanyakan peserta tes biasanya lebih banyak menghabiskan waktu mengerjakan soal bergambar karena kita dituntut supaya berkonsentrasi, tenang, dan berimajinasi lebih tinggi.

Bagi sebagian orang menganggap soal psikotes deret gambar hanya mampu diselesaikan oleh orang-orang yang memiliki IQ tinggi, benarkan demikian? Ternyata kamu bisa juga menyelesaikan latihan psikotes deret gambar dengan cepat apabila mau berusaha dan sering berlatih.

Tujuan psikotes deret gambar adalah untuk menilai kemampuan seseorang dalam hal menafsirkan pola, mengurutkan bilangan atau hubungan antar bentuk satu dengan yang lainnya.

Tes psikotes deret gambar ini terdiri dari deret gambar 2 dan 3 dimensi, paling sering digunakan pada saat melamar menjadi karyawan bank, akuntan, konsultan, dan layanan profesional lainnya.

Tips mengerjakan psikotes deret gambar ini sebaiknya berkonsentrasi untuk bisa melihat bentuk dan warna pada gambar yang ada di soal tersebut. Konsentrasi ini sangat diperlukan, karena dalam setiap gambar pasti ada gambar yang bentuk atau arsirnya yang sama. Selain itu ada pula gambar yang polos dan juga full warna.

Contoh soal psikotes deret gambar dan jawabannya

Untuk lebih lanjut, kamu bisa melihat contoh soal tes psikotes deret gambar berikut ini yang sudah saya rangkum dalam soal psikotes potongan gambar dan jawabannya.

Di sini kamu diwajibkan menemukan satu gambar yang cocok untuk melanjutkan gambar soal yang berikutnya. Perhatikan polanya dan gunakan ketelitian. Berikut ini cara mengerjakan soal psikotes deret gambar.

Temukanlah satu gambar yang cocok dari 8 pilihan untuk melajutkan gambar soal yang masih kosong. Perhatikan pola dan teliti dengan baik. Jika masih mengalami kesulitan, lihatlah pada jawaban dan pembahasan yang terdapat di bawah setiap masing-masing soal.

Soal ke-1
Contoh Soal Psikotes Deret Gambar dan Jawabannya
Contoh Soal Psikotes Deret Gambar dan Jawabannya

Kemungkinan terbesar dari gambar yang hilang adalah jawaban nomor 8. Pilihan lain tidak memungkinkan karena, pilihan nomor 1, 2, 3, dan 4 sudah ada di gambar soal. Pilihan nomor 5 tidak memungkinkan karena tipe pada soal tidak merujuk pada adanya pengurangan luas blok hitam. Pilihan nomor terakhir paling mungkin dilakukan karena bentuk blok hitam penuh bisa diasumsikan sebagai penggabungan antara dua kotak terakhir paling bawah. Pada baris paling atas, kotak sebelah kanan merupakan semacam hasil akhir penggabungan kedua balok pada 2 kotak sebelumnya. Begitu pula dengan baris tengah (kedua). (Jawaban no. 8)

Soal ke-2
jawaban psikotes deret gambar

Jarak antara masing-masing 3 garis tegak dari lori ke kanan dan dari atas ke bawah makin lebar. Sedangkan pertemuan garis-garis tersebut ditebalkan dengan tipe garis lurus. Maka kotak kosong di pojok kanan bawah haruslah mengandung pertemuan 3 garis horisontal dan 3 garis vertikal yang memiliki persamaan lebar plus penebalan garis di pertemuan di antara ketiganya. (jawaban no. 1)

Soal ke-3
Psikotes deret gambar dan jawabannya
Jika dilihat dengan seksama, arsiran hitam yang ada pada gambar soal ternyata berputar searah jarum jam. Tetapi, kamu tidak bisa melihat dari satu sisi saja.
Perhatikan dengan seksama kembali bagian dalam bujur sangkar tersebut, dimana terdapat garis yang apabila berputar 45 derajat searah dengan gerjak jarum jam. Apabila putarannya suda penuh 360 derajat yang terjadi adalah jumlah garis bisa bertambah. Sehingga jawabannya yang tepat adalah gambar B.

Bagaimana, apakah masih cukup sulit cara menjawab psikotes deret gambar di atas? Itulah  Contoh Soal Psikotes Deret Gambar dan Jawabannya yang tersedia saat ini, sering-seringlah berlatih supaya kemampuanmu juga meningkat.

Mau soal psikotes TERLENGKAP? Dapatkan disini: ebook soal psikotes 2020

BAGIKAN TIPS SOAL PSIKOTES INI KARENA GRATIS. Beritahu keluarga, tetangga, dan sahabat kamu yang lainnya mungkin mereka sedang membutuhkan informasi ini.

Baca Juga Soal Psikotes Lainnya: