Arti dan Contoh Psikotes Gambar Pohon Berkambium yang Benar

Contoh Psikotes Gambar Pohon - Dalam proses perekrutan pegawai biasanya akan dihadapkan dengan berbagai test, salah satunya adalah psikotes menggambar.

Pada soal psikotes gambar ini biasanya dikerjakan dalam satu waktu tes yang terdiri dari psikotes gambar pohon, rumah, dan orang. Bahasan kali ini kita hanya fokus pada tes psikotes gambar pohon dan artinya. Untuk psikotes gambar orang dan psikotes gambar rumah kita bahas dalam artikel yang terpisah. 

Psikotes menggambar pohon termasuk dalam tes grafis. Jadi, jika kamu tidak bisa menggambar, maka jangan khawatir karena yang dinilai bukan pandai tidaknya dalam menggambar, melainkan besar-kecil gambar, tarikan garis, letak gambar, dan kelengkapan gambar (batang, tangkai, ranting, daun, buah, bunga, dan akar).

Arti gambar pohon psikotes adalah untuk mengetahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja seseorang. Hal ini dapat dilihat dari hasil goresan gambar, bentuk gambar, posisi gambar, kelengkapan gambar, kerapian, cara menggambar, dan aspek-aspek lainnya. Meskipun kita tidak tahu bagian-bagian dari pohon tersebut artinya apa, namun sebenarnya secara tidak langsung alam bawah sadar kita memilih unsur-unsur dari pohon yang menggambarkan kepribadian diri kita sendiri.  

Contoh objek pada soal psikotes gambar yang diperbolehkan seperti gambar pohon mangga, pohon nangka, pohon apel, pohon durian, dan pohon yang berkambium lainnya. Saya juga menyarankan agar memilih pohon yang besar, akar yang kokoh, daun yang rindang, banyak cabang, dan berbuah banyak.

Arti dan Penjelasan Gambar Pohon Psikotes

Berikut ini arti gambar pohon psikotes sebagaimana saya kutip dari postingan https://www.goodchoice.id/psikotes-gambar-pohon/ dengan sedikit penyesuaian dan penambahan.

  1. Posisi gambar pohon di kertas
    Jika posisi gambar pohon lebih ke atas menunjukkan kamu memiliki cara pandang tinggi dalam memandang hidup. Tetapi setiap kegagalan bisa kamu jadikan sebagai pengalaman pembelajaran yang berharga dan juga mampu melihat hikmah dari semua masalah.

    Apabila menggambar di bagian tengah diartikan sebagai orang yang praktis dan rendah hati.

    Sedangkan jika menggambar dibagian bawah artinya lebih suka melakukan riset terlebih dulu sebelum memutuskan pilihan.

  2. Batang pohon yang digambar.
    Pohon melambangkan kekuatan emosional, batang pohon yang lebar diartikan mempunnyai emosi yang stabil, tenang, tidak mudah marah dan mempunyai pendirian yang kuat.

    Batang pohon yang ramping identik sebagai orang yang fleksibel dan terbuka dengan pandangan-pandangan atau pendapat orang lain.

    Tetapi juga sensitif dan banyak empati untuk masalah orang lain. Apabila gambar memiliki cabang di pucuknya menandakan kamu terpecah di antara beberapa pilihan hidup saat ini.

  3. Tinggi pohon yang digambar.
    Dalam hal pekerjaan kamu dianggap orang yang seksama dan mengecek ulang untuk memastikan pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik.

    Jika posisi gambar kurang dari tinggi setengah kertas menandakan kamu hidup puas apa adanya, hemat, dan efesien.
     
  4. Arti dahan pohon
    Jika gambar pohon tidak berdahan berarti kamu dikuasai oleh otak kanan, lebih menggunakan insting dalam segala hal mulai dari menerima pekerjaan maupun berteman dengan orang baru. 

    Jika posisi gambar pohon pada kertas lebih condong kekiri menandakan kamu cenderung memendam apa yang dipikirkan, bersikap konservatif, dan introvet.

    Jika posisi gambar pohon condong kekanan melambangkan pribadi yang berorientasi pada aksi. Kamu cenderung mengungkapkan apa yang dipikirkan meskipun bertentangan dengan pandangan orang lain.
     
  5. Arti akar dalam gambar
    Jika menggambar akar menandakan kamu memiliki pegangan hidup, memiliki pendirian, menganggap masa lalu sangat penting bagi kehidupan, akar melambangkan juga keluarga dan sejarah.

    Jika tidak menggambar akar berarti kamu fokus pada masa depan, mandiri, senang menciptakan tradisi-tradisi baru, belajar lebih banyak tentang diri dengan merasakan situasi-situasi baru dan bertemu dengan orang-orang baru.
     
  6. Arti daun dalam gambar
    Jumlah daun yang sedikit artinya cenderung memandang dunia ini hitam dan putih, tidak mudah tergoyahkan dengan banyaknya warna abu-abu dari suatu masalah, dan lebih memiliki pandangan yang visioner.

    Jumlah daun yang terlalu banyak artinya adalah pemikir yang dalam. Studi-studi menunjukkan daun melabangkan pemikiran. Orang-orang yang menggambar daun adalah orang yang selalu memikirkan apa saja. Selain membuat kamu suka merenung dan introspeksi, sifat ini juga membuat kamu mengambil keputusan dengan hati-hati. Karena cenderung melihat manfaat dari semua masalah.

  7. Arti buah dalam gambar
    Buah menyimbolkan bahwa sesukses apapun kamu, tentu tidak melupakan orang-orang di sekitar.
     
  8. Letak pohon ditanah
    Kamu tipe orang yang mendambakan rasa aman dan stabilitas, menyukai kehidupan keluarga dan lebih suka pekerjaan di mana kamu bisa bertahan bertahun-tahun.

  9. Apakan kamu menggambar yang lain selain pohon?
    Rumput di tanah di bawah pohon menandakan kamu punya rumah dimana para tamu merasa disambut baik dan keluarga kamu betah tinggal di sana.

    Bunga di bawah pohon diartikan kamu sangat bahagia apabila dikelilingi oleh orang-orang yang bahagia.

    Hewan/orang disekitar pohon artinya kamu cinta kepada keluarga dan teman-teman, dan itu adalah kebahagian terbesar kamu.

    Ayunan/bangku disekitar pohon artinya kamu paling bahagia apabila meluangkan waktu untuk bersenang-senang.

Itulah 9 arti psikotes gambar pohon yang harus diketahui sehingga kamu bisa mensiasati dan lebih memudahkan kamu dalam menentukan gambar seperti apa yang paling tepat saat menggambar pohon pada ujian psikotes.

Cara membuat gambar pohon psikotes

1. Sebelum memulai menggambar sebaiknya kamu mencari contoh gambar pohon di internet atau memfoto sebuah pohon yang bisa digunakan untuk melatih menggambar di kertas A4.

2. Cobalah berlatih menggambar pohon secara detail dan rinci seperti bentuk daun, ranting, cabang, buah, bunga, hingga akar.

3. Gambarlah bentuk pohon dengan ukuran proporsional, maksudnya ukuran batang, jumlah buah, jumlah cabang, jumlah ranting, dan daun harus sesuai secara keseluruhan.

4. Jika memungkinkan gambarlah dengan detail bentuk alur pohon, bentuk daun, bentuk buah, bentuk bunga, dan lainnya.

5. Hindari menggambar pohon beringin. Bukan karena beringin itu mudah digambar, tapi lebih karena sifat beringin sudah dianggap sangat ideal untuk seseorang. Jadi jika kamu menggambar beringin maka hanya akan dianggap terlalu sempurna.

5. Pilihlah pohon yang berkambium, hindari pohon bambu, pohon pisang, pohon pepaya, pohon kelapa, dan sejenisnya.

6. Posisi gambar tepat atau imbang berada ditengah kertas, tidak terlalu ke kiri, ke kanan, ke atas, atau ke bawah.

7. Goresan garis yang cukup tegas tetapi jangan terlalu keras, terlalu tebal atau tipis. Usahakan pula menggambar dengan satu goresan saja. karena  hal ini akan mengindikasikan  bahwa kita  orang yang tidak ragu-ragu.

8. Setelah selesai menggambar jangan lupa memberikan judul gambar pohon yang telah kamu buat untuk mempermudah panitia menerjemahkan maksud gambar.

9. Berilah judul sesuai dengan gambar pohon yang telah kamu buat, sehingga hal ini akan mempermudah penyeleksi menerjemahkan maksud gambar pohon yang kamu buat.

10. Persiapkan sebelum tes pohon apa yang akan kamu gambar.

Contoh Psikotes Gambar Pohon Berkambium yang Benar

Berikut ini contoh psikotes gambar pohon mangga dan nangka yang baik dan benar, gambar berikut hanya sebagai ilustrasi saja. Untuk lebih bagusnya silahkan praktekkan menurut tips yang telah saya sebutkan diatas.
Contoh Psikotes Gambar Pohon Berkambium yang Benar
Contoh Psikotes Gambar Pohon Mangga


Dengan mengetahui arti dari psikotes menggambar pohon kita bisa mengerjakannya dengan ciri kepribadian yang diperlukan  perusahaan.

Demikianlah kiat-kiat menggambar pohon psikotes kerja saat seleksi calon karyawan. Dari sedikit tips di atas mudah-mudahan dapat membantu kamu saat menghadapi psikotes gambar pohon.



Mau soal psikotes TERLENGKAP? Dapatkan disini: ebook soal psikotes 2020

BAGIKAN TIPS SOAL PSIKOTES INI KARENA GRATIS. Beritahu keluarga, tetangga, dan sahabat kamu yang lainnya mungkin mereka sedang membutuhkan informasi ini.

Baca Juga Soal Psikotes Lainnya: