12 Contoh Soal Psikotes Army Alpha dan Cara Menjawabnya

Contoh soal psikotes army alpha dan jawabannya  - Soal tes army alpha adalah salah satu jenis soal psikotes yang paling sering digunakan dalam tes penerimaan seleksi mahasiswa perguruan tinggi, instansi pemerintah, maupun karyawan perusahaan.

Tujuan tes psikotes army alpha untuk mengukur kemampuan daya tangkap dalam menerima dan melaksanakan instruksi dengan cepat dan tepat.

Tes ini terdiri atas 12 soal yang berisi kombinasi deretan angka, huruf dan deretan bentuk. Sekilas kelihatan soal-soal ini sangat mudah dikerjakan tetapi nyatanya banyak peserta tes yang gagal.

Soal tes psikotes army alpha sebuah tes psikologi yang pertamakali dikembangkan oleh psikolog asal Amerika yaitu Arthur Sinton Otis, Ph.D pada tahun 1917 yang tujuan awalnya untuk didedikasikan kepada US Army dan pernah dipakai untuk merekrut 1.7 juta tentara US pada perang dunia 1.

Sesuai dengan namanya Army Alpha benar-benar mirip dengan kondisi tentara yaitu tes daya tangkap/ daya konsentrasi dengan menterjemahkan perintah.

Cara mengerjakan soal psikotes army alpha

Bentuk soal psikotes army alpha berbentuk kalimat perintah yang digunakan merupakan kalimat majemuk bertingkat. Suatu soal  terkadang terkait dengan soal sebelum maupun soal setelahnya, sehingga bagi sebagian orang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memahaminya. Padahal waktu yang diberikan untuk menyelesaikannya cukup singkat yaitu 5 sampai 10 detik saja.

Untuk ini alangkah baiknya kita mengetahui bagaimana saja pola soal psikotes ini. Sehingga setelah  terbiasa mengerjakannya maka akan lebih cepat dalam penyelesaiannya.

Tips pada saat mengerjakan soal psikotes army alpha
  • Berkonsentrasilah ketika narator menyampaikan aba-aba untuk mengerjakan soal karena mereka tidak akan mengulangi aba-abanya ketika soal mulai dikerjakan
  • Jangan tergesa-gesa untuk menjawab sebelum narator selesai memberikan instruksi jika tidak ingin terjebak
  • Pahamilah dengan seksama apa aba-aba narator seperti perintah coret, silang, lingkari, huruf, dan lainnya jangan sampai terbalik
  • Soal hanya boleh dikerjakan pada saat narator memerintahkannya, sebelum ada perintah kita dilarang mengerjakannya. Begitu juga pada saat perintah berhenti maka mau tidak mau walaupun soal belum selesai dikerjakan maka kita diharuskan berhenti.
  • Usahakan sehari sebelum tes kamu cukup tidur dan kondisi perut sudah terisi supaya bisa fokus dan konsentrasi penuh.

Contoh soal psikotes army alpha dan jawabannya

contoh soal psikotes army alpha dan jawabannya
Contoh soal psikotes army alpha dan jawabannya

Berikut ini aba-aba yang diberikan narator untuk mengerjakan soal psikotes army alpha seperti contoh diatas:

1.Buatlah sebuah silang dalam lingkaran ke dua dan sebuah huruf dalam lingkaran ke lima.

Buatlah tanda silang pada lingkaran kedua dan bebas menaruh huruf apapun di lingkaran ke 5, urutan lingkarannya adalah dari kiri.

2. Tariklah sebuah garis dari lingkaran ke tiga ke lingkaran ke enam. Garis itu lewat di bawah lingkaran ke empat dan diatas lingkaran ke 5.

Buatlah garis yang menghubungkan lingkaran ke 3 dan ke 6, namun garis yang dibuat harus berada di bawah angka 4 dan diatas angka 5, artinya kamu harus membuat garis itu naik di tengah angka 4 dan 5

3. Jika betul bahwa pesawat udara lebih cepat dari mobil, buatlah koma dalam lingkaran pertama. Jika tidak, coretlah perkataan “tidak”.

Pesawat memang lebih cepat dari mobil, maka memang seharusnya kita menjawab ya, dan disini perintahnya jika benar maka kita membuat koma di lingkaran pertama.

4. Tulislah dalam lingkaran ke tiga jawaban yang betul dari pertanyaan : “ Berapa harikah 1 minggu itu?” Dalam lingkaran ke empat tidak dibuat suatu apapun, tetapi tulislah dalam lingkaran ke lima jawaban yang salah dari pertanyaan tadi.

Di lingkaran ke tiga kita isi jawaban berapa hari dalam seminggu jawabnnya 7 hari, lalu di lingkaran ke 4 kita di haruskan memgosongkannya, di lingkaran ke 5 kita harus menulis jawaban selain angka 7.

5. Buatlah sebuah silang pada bidang yang terletak dalam lingkaran, tetapi tidak dalam segitiga. Dan tulislah huruf “ A “ pada bidang yang terletak dalam lingkaran dan juga dalam segitiga.

Buatlah tanda silang yang berada di luar bidang segitiga namun di dalam lingkaran, lalu tulislah huruf A di dalam lingkaran dan segitiga.

6. Tulislah huruf “ X “ pada bidang yang terletak dalam segitiga tetapi tidak dalam bujur sangkar, dan tulislah huruf “ Y “ pada bidang yang terletak dalam bujur sangkar dan segi tiga tetapi tidak dalam lingkaran.

Tulislah huruf X di tengah dalam segitiga, asalkan jangan sampai masuk ke bangun kotak. Lalu tulis huruf Y di dalam kotak tapi tidak boleh masuk ke lingkaran.

7. Buatlah sebuah garis dibawah huruf yang tepat mendahului huruf E, dan buatlah pula sebuah garis yang melintang huruf kedua yang mendahului “ M “.

Mendahului artinya dalam urutan Alfabet yang lebih dulu. Dan huruf D lebih dulu urutannya dari huruf E, di huruf D kita membuat garis di bawahnya. Dan untuk huruf kedua yang mendahului huruf artinya itu huruf K. Dan kita membuat garis di tengah huruf K.

8. Tulislah dalam lingkaran pertama, huruf kedua dari perkataan pertama, Dalam lingkaran kedua, huruf ketiga dari perkataan kedua, dan dalam lingkaran ketiga, huruf penghabisan dari perkataan ketiga.

Di lingkaran pertama kita menulis huruf kedua dari Kata KAPAL. lalu, di lingkaran ke dua huruf ke tiga dari kata MUATAN, dan pada lingkaran ke tiga huruf terakhir dari kata GUDANG maka terkumpul Huruf AAG.

9. Coretlah tiap-tiap bilangan yang lebih besar dari 30 tetapi kurang dari 40.

Kamu harus mencoret angka di Antara 30-40

10. Tulislah angka 8 atau 6 dalam 2 bagian yang kecil dan angka antara 1 sampai 5 dalam bagian hampir paling besar.

Kamu harus menulis angka 8 dan 6 di dalam 2 kotak paling kecil. Dan menulis angka apapun antara 1-5 di kotak yang ukurannya terbesar nomor 2.

11. Coret tiap-tiap angka ganjil yang tidak berhuruf dan tidak terletak dalam segitiga, dan coretlah pula tiap angka genap yang berhuruf dalam lingkaran.

Coret Angka ganjil dalam kotak dan Segitiga, serta Angka genap yang Ada di lingkaran. Jadi Anda harus mengabaikan huruf di dalamnya.

12. Apabila 5 lebih besar dari 3, coretlah angka 4, kecuali kalau 4 lebih besar dari pada 6, dalam hal ini buatlah sebuah garis dibawah angka 5.

Memang lebih besar dari pada 3 jadi kita coret angka 4. 4 tidak lebih besar daripada 6, jadi kita tidak harus melakukan apa-apa.

Nah itu tadi pembahasan contoh soal psikotes army alpha dan jawabannya, tes ini sering muncul di berbagai psikotes recruitment kerja perusahaan besar seperti, recruitmen PT Astra Honda Motor, PT Honda Prospect Motor dan Juga PT Aisin.

Mau soal psikotes TERLENGKAP? Dapatkan disini: ebook soal psikotes 2020

BAGIKAN TIPS SOAL PSIKOTES INI KARENA GRATIS. Beritahu keluarga, tetangga, dan sahabat kamu yang lainnya mungkin mereka sedang membutuhkan informasi ini.

Baca Juga Soal Psikotes Lainnya: